ULANG TAHUN

17.38




Ulang tahun temen itu salah satu hal wajib yang harus diinget, apalagi sobat karib sendiri, bisa berabe kalo sampe gak inget bisa-bisa dipecat jadi temen tanpa uang pesangon, ribetnya lagi kalo uda sama-sama punya jam terbang banyak, alias abg sok sibuk, entah urusan sama gebetan atau urusan deadline tugas yang belum kelar-kelar malesnya, disini nih terjadi perbadingan berat antara hematisme dan sobatiesme, sama aja tu ya, memperdebatkan masalah hidup dan mati, kerena jujur gue sendiri bakalan mati kalo gak ada temen, mati kelaparan gak bisa ngutang uang makan (maklum anak penunggu sekolahan yang jarang dikasih makan dirumah), apalagi kalo si temen udah gak mau gue ajakin tidur bareng (maksudnya nginep dikosanya klo diusir bokap karena pulang malem),
Sore itu tepat malem takbiran hari raya nyebelih kambing, gue berusaha pulang cepet, tapi apalah daya sang gedung-gedung sekolahan masih mengajak untuk bercengkerama, jabatan gue sebagai aktifis yang full aktif di sekolah jadi taruhan utama gue kalo kabur dari sekolah , jadilah gue zombie-zombie yang hiperaktif mondar-mandir menyusuri koridor demi koridor STM tua, sialnya lagi muka gue yang pucet terpaksa gak makan dari pagi itu,  menambah suasana lebih mendramatisir layaknya film Zombie-zombie yang sedang kelaparan menginginkan darah suci perawan, tetapi semangat 45 gue gak semudah itu pupus vrooh, gue orang yang masih tanggung jawab dengan tugas-tugas yang diberikan sekolah gue tercinta kok.
Sampai pada peghujung senja, gue uda bener-bener mati kutu kecapean, kalo dilihat dari ujung tugu jogja uda kayak cacing kepanasan yang bentar lagi nguap, sebelum gue jadi mempraktekan pelajaran kimia, yaitu penyubliman diri jadi uap, akhirnya gue memilih istirahat dan mengakhiri tugas gue sementara.
Tiba-tiba teringat kembali wajah temen gue yang baru ultah menangis-nangis didepan gue minta kado, gue makin resah dihatui bayangan temen gue, karena gue tau temen gue kalo nangis yang dia keluarin air raksa, duuh bisa mati semua tetangga.
Setelah usai gue beribadah mahgrib, gue ambil si jastin motor gue, langsung melejit menyusuri warteg-warteg pecel lele yang ada di sepanjang jalan ugm, lagi-lagi ni otak uda gak mau jungkir balik berfikir, hampir satu jam lebih gue belum dapet-dapet hadiah yang pas buat si teman, lebih sakit hati lagi gue dikatain kalo otak gue diperut bukan dikepala, waktu gue berusaha tanya sama penjualnya "mas, mas kira-kira disini kado yang cocok buat teman cewek gue apa ya? orang nya kalem kok, suka yg unyu-unyu gitu"
tanya gue polos
"mb, disini adanya paha, paha bakar apa goreng?" sahutnya seperti uda latihan bertahun-tahun buat jawab pertanyaan gue tadi

"loh saya tanya kado ulang tahun mas, kok paha?,"  "jangan-jangan gue masuk perangkap tempat hiburan malem" pikir gue makin gelisah

mas penjual pun menghentikan kesibukanya, dan sejurus pula dia langsung melototi gue "WOI MBAK! BISA MIKIR GAK, DISINI JUAL MAKANAN BUAT PERUT, BUKAN KADO ULTAH BUAT TEMEN SITU! OTAKNYA PINDAH KEPERUT YA MBAK!"  

sesaat itu pula gue baru sadar kalo gue berhenti di salah satu warteg, apakah ini hasil halusinasi perut sehingga otak gue terpengaruh oleh elektro magnetik halusinasi kelaparan sang perut dan pindah turun keperut?, aaaaarrggh gue semakin membabi buta dengan segala dugaan-dugaan ajaib gue.

"tapi memang benar kepala gue kayaknya lebih ringan, kayak gak ada otaknya" pikir gue sambil meraba-raba perut, kalau saja bisa menemukan keberadaan otak gue dimana.

Gue putusin segera pergi dari warteg itu sebelum gue dibakar sama mas-mas penjualnya, 

bersyukurlah gue punya motor yang lebih piter dari pemiliknya, si jastin nganter gue ke depan toko boneka, kebetulan yang punya temen gue sendiri, jadi jaga-jaga kalo gue ntar tiba-tiba kumat ada yang mau nyadarin.
Setalah 4 jam gue obrak-abrik tu toko, gua udah nemuin kadidat kado yang bakal gue kasihin ke si teman, boneka beruang, apa kepala kucing?, kembali gue ngelus-elus perut, barangkali si otak uda mau berfikir dengan baik dan benar.
akhirnya gue memilih boneka kepala kucing, karena lebih besar dan murah, jujur memang gue gak ngerti kenapa yang beruang lebih mahal, katanya sih impor, makanya itu gue milih yang produk lokal, kan cinta negeri sendiri Intinya Negara Indonesia Top (IRIT).
Tiba-tiba, muncul kebimbangan lagi setelah gue ngelihat boneka, dengan kharisma dan keindahanya menyapu pandangan, memfokuskan nurani, dengan nuansa yang mempesona terbentuk dari garis-garis wajah boneka yang sangat menawan itu memaksa hati ku untuk memilihnya.
ya akhirnya gue milih beli boneka monyet berbulu item dan gue bungkus kayak pojong dengan kertas kado sadanya.

"selamat tambah tua, temenku yang baik, semoga tambah yang baik-baik, monyet ini kuhadiahkan biar lu inget ini dari temen lu yg tingkahnya nya kayak monyet"
lagi-lagi gue terharu, gue pelukin terus kado yang uda kebungkus itu dan rasanya pengen nangis, 
"duit jatah gue jajan seminggu habis!" jadilah gue nangis beneran. tapi kalo difikir-fikir juga gak papa, itung-itung investasi, berharap besuk bakal di kado lebih mahal.
setelah siap dengan kado tersebut, gue pamitan sama mb gita teman gue yang punya toko boneka itu, dan cabut dengan si jastin  mengejar target jam belajar masyarakat sebelum gue bakal diusir bokap lagi karena telat pulang. Alhasil tepat pukul 9 gue bisa menginjakan kaki dengan cantik dirumah tercinta, syukurnya lagi rumah gue deket masjid otomatis suasana takbiran menguntungkan gue dari curhatan bokap atas tingkah laku gue.
      Dan setelah gue sampe rumah dan bersih-bersih badan, gue langsung cus ngasih kado ke teman gue yang baru ultah, dan alhamdulillah dia seneng banget nerima kado gue, sebelum membukanya gue uda pamitan peri dulu takut kena omel kerena ngado dia dengan monyet, yag mungkin bakal mikir kalo ngedo kembaranya.


You Might Also Like

0 comments

INSTAGRAM